Aku, Kamu, dan Sajak-Sajak Patahku

© mbeeer, 2013. All Right Reserved
  Copyright & Privacy Policy

About Me

Kamu tau apa alasanku selalu ber-sajak untukmu?

karena Tulisanku adalah satu-satunya media ketika tanganku tak sanggup lagi memelukmu..

Silahkan Bertanya ☺

Tumblr I follow:

© mbeeer.tumblr.com 2013
  1. Karena buat gue, bahagia itu sederhana :’)

    Sunday, Jul 06, 2014   01:12:51
  2. 17 Notes
  3. Copyright

    Sebenarnya gue udah tau hal ini dari lama sih. Tapi gue sendiri gak pengen mempermasalahkan untuk jauh lebih dalam. Soalnya ya gue asik-asik aja selama seseorang mengambil tulisan yg bukan miliknya asal ada sumber yg dicantumkan.

    image

    image

    Malam ini, ada yg mendatangi line gue. Berkata bahwa dia sudah beberapa kali mengambil tulisan gue untuk sekedar ditulis di pathnya. Awalnya gue its oke selama mencantumkan sumber. Tapi ternyata enggak. Hmm agak shock juga sih.

    Jadi dia sengaja gak mencantumkan sumber karena banyak cewek yg ngelove postingan dia.

    Selain path, gue juga sering iseng-iseng memotong potongan quote gue dan nge-search via twitter. Disana banyak banget gue ngeliat yg mengambil tanpa mencantumkan sumber. 

    Sebenarnya mencantumkan nama tumblr gue (mbeeer.tumblr.com) dipostingan kalian tuh gak ada ngaruhnya juga sih. Orang-orang juga gak bakal peduli itu quote siapa. Mereka lebih peduli siapa yg ngepost itu quote saat itu juga.

    Tapi mungkin rasa keinginan untuk diakui dan ditinggikan membuat beberapa orang rela membohongi orang lain perihal kemampuan dalam membuat tulisan.

    Coba liat bio tumblr mba Tia Setiawati, yg dengan tegas bakal mengajak perang jika ada yg mengambil tulisannya. Begitu juga dengan kurniawan Gunadi yg susah-susah membuat peraturan perihal copyright.

    Lha gue?
    Apalah gue dibanding mereka ini.. Quote gue isinya kacang semua :(
    Maka dari itu gue gak bikin semacem copyright dll. Tapi kalau begini caranya, kok gue sedih juga ya lama lama.

    .

    Banyak akun Twitter yg gue tau melakukan pengopian tulisan gue. Gak bisa gue sebutin satu-satu. Pertama-tama gue ucapkan terimakasih banyak karena secara tidak langsung kalian udah mengakui bahwa tulisan gue bagus. Makasih banyak gaes!!

    Tapi..
    Dengan mengklaim bahwa itu tulisan kalian? Hmm gue kurang respect..

    image

    image

    .

    Dan bahkan sampe lawakan gue aja di-copas mentah-mentah.

    image

    .

                                                         ===

    .

    Gue cukup kecewa sebenarnya. Dan itu baru 2 orang. Akun twitter yg gue temuin cukup banyak. 

    Gue pengen berterimakasih banyak kepada kalian yg mencantumkan sumber! Damn i love you all gaes. Kalian yg paling terbaik dari yg pernah gue temui.

    Tapi, tampaknya bakal ada berita buruk dari gue malam ini.
    Mulai malam ini, mbeeer.tumblr.com akan istirahat sejenak dari posting quote-quote atau puisi perihal cintanya sampai batas waktu yg tidak ditentukan. Itu juga berpengaruh terhadap cerita Cerpen Jomblo Jatuh Tempo, dan tema chit-chat FreeDay.

    Gue mengucapkan banyak terimakasih atas orang-orang yg udah menemani gue sampe detik ini. Dari para follower yg konyol, yg curhat, yg kepo, sampe yg maksa gue buat ngelanjutin cerpen yg bersambung itu, hahaha gue ucapkan banyak-banyak terimakasih.

    Gue gak tau kapan gue bakal nulis atau posting lagi di akun tumblr ini. Tapi sampai hari itu tiba, kalian yg kangen gue bisa tetap ngobrol via LINE ataupun ketawa-ketawa bareng gue di akun ASK.FM gue.

    Thank you for the glory time, gaes.
    Terimakasih sudah menemani gue saat skripsi kemaren! i totally love you!
    See you next time.

    .

    Salah satu cara mengalahkan orang yg suka meniru itu mudah. Tulis saja kelanjutan dari apa yg ia tiru. Karena ia sejatinya tidak pernah tau apa kejadian selanjutnya dari yg kamu tulis - Flame Of Recca

    .

    Best Regards.
    Br

    Santai aja, gue cuma istirahat kok… 
    Ntar juga muncul lagi. 

    kalau udah punya pacar :|

    Sunday, Jul 06, 2014   00:58:00
  4. 67 Notes
  5. "Sejauh-jauhnya kamu pergi dengan segala benci, sedikitpun aku tak punya hati untuk mencaci. Karena biar bagaimanapun, bersamamu dulu aku pernah semangat menyambut hari."

    Sunday, Jul 06, 2014   00:12:00
  6. 110 Notes
  7. "Di dalam hatimu yg seluas samudra, aku pernah tenggelam dan karam di dalamnya. Dibiarkan mati, tanpa pernah kau sadari arti kehadirannya."

    Sunday, Jul 06, 2014   00:09:55
  8. 50 Notes
  9. Bunga Mawar Bunga Melati..

    Menjelang penutupan debat capres terakhir, Pak Rektor selaku moderator menutup dengan pantun. Selaku mahasiswa tingkat akhir, saya ingin menghormati beliau, dengan berpantun juga.

    .

                                                                ===

    .

    Bunga mawar bunga melati. Tumbuh subur di halaman rumah. 
    Aku mencintaimu sudah setengah mati, tapi dirimu memilih untuk menyerah.

    Bunga mawar bunga melati. Tumbuh subur di halaman rumah.
    Jangan tanyakan masalah hati, bersamamu aku tak pernah lelah.

    Bunga mawar bunga melati. Tumbuh subur di halaman rumah. Aku terdiam ditusuk belati, kamu tersenyum sambil melangkah.

    Bunga mawar bunga melati. Tumbuh subur di halaman rumah.
    Tak butuh waktu berhari-hari, di matamu hatiku luluh lantah.

    Bunga mawar bunga melati. Tumbuh subur di halaman rumah.
    Kamu pergi melangkahkan kaki, aku tersesat kehilangan arah.

    Bunga mawar bunga melati. Tumbuh subur di halaman rumah.
    Aku berusaha sepenuh hati, kamu membuang mentah-mentah

    Bunga mawar bunga melati. Tumbuh subur di halaman rumah.
    Mantan pergi mencari lagi, kamu tetap diam sendiri di rumah.

    Bunga mawar bunga melati. Tumbuh subur di halaman rumah. 
    Aku datang membawa hati, eh kamunya udah mau menikah.

    Bunga mawar bunga melati. Tumbuh subur di halaman rumah. 
    Ditinggalkanmu aku berbesar hati. Tapi dirimu pergi membawa fitnah.

    Bunga mawar bunga melati. Tumbuh subur di halaman rumah. 
    Kamu terdiam sebelum pergi, aku bertahan berdarah-darah.

    Bunga mawar bunga melati. Tumbuh subur di halaman rumah. 
    Ditinggalkanmu aku tak pernah benci, dihinamu aku tak pernah marah.

    Bunga mawar bunga melati. Tumbuh subur di hal.. Ah sudahlah..

    Saturday, Jul 05, 2014   23:56:00
  10. 44 Notes
  11. "Katakan kepada ia yg sekarang menyeka air matamu, kepada sepasang lengan yg kini memeluk ragamu, bahwa lelahmu dulu itu selalu berpulang kepadaku, jauh melebihi yg ia tau."

    Saturday, Jul 05, 2014   11:52:43
  12. 58 Notes
  13. "Kamu adalah hari terakhir dari hari yg tak sempat kusangka akan berakhir."

    Saturday, Jul 05, 2014   11:49:27
  14. 58 Notes
  15. FreeDay: Tipe-Tipe Kangen di Bulan Ramadhan

    image
    *Duh gusti, nunggu beduk kok lama amat ya..*

    .

    .

    Assalamualikum ya ukhti.
    Gimana shaum hari ini? sudah berapa kali meneguk ludah sendiri setelah selesai wudhu siang tadi? Syukron.. Syukron..

    Bhahahak, gue emang gak berbakat buat ngomong kaya ustadz begono. Tapi kalian jangan salah, walaupun belakangan ini tulisan gue tentang galau semua, gini-gini gue pernah disuruh nulis untuk ceramah Sholat Jumat!

    Ya meskipun pada akhirnya gue di rukiyah sama jama’ah setempat :(

    .

                                                               ====

    .

    Nah, pada hari Jumat pertama di bulan Ramadhan ini, gue akan bercerita sedikit tentang beberapa fenomena bulan Ramadhan yg pastinya sangat-sangat dirindukan oleh anak-anak ABG indonesia.

    Siang tadi, gue mencoba iseng untuk sholat Jumat di salah satu Masjid besar di daerah Bandung. Masjid ini adalah Masjid dimana sering gue datengin waktu SMA dulu, atau bahkan waktu gue masih semester-semester awal kuliah. Masjid ini sering menjadi tempat gue bersinggah ketika ada jeda kosong kuliah antara satu kelas dengan kelas yg lainnya.

    Jumat siang ini gue sengaja gak ngambil posisi duduk di dalem Masjid, gue lagi pengen bernostalgia duduk di luar sambil nikmatin angin sepoi-sepoi. Bahkan tukang buah potong langganan gue aja masih ada. Dan dengan annoyingnya Beliau masih aja berjualan buah seger siang-siang begini.

    Gue dari jauh cuma bisa kenyot-kenyot bibir sendiri ngeliatnya. Jakun gue udah kaya timba sumur, kerjaannya naik turun nelen ludah. Btw, nelen ludah itu tidak membuat batal kan gaes? asal bukan ludah pacar kan ya? okee..

    .

    Sambil nunggu Adzan berkumandang, gue gak sengaja buka grup SMA gue kelas 10. Gue liat temen-temen gue udah banyak yg berubah, yg dulu mukanya ancur, sekarang mirip Adly Fairuz. Yg dulu mukannya item kaya kebul bis damri, sekarang udah putih langsat.

    Yg dulu lebih mirip sama beduk Masjid, sekarang udah mirip sama pentungan beduk Masjid alias sekseh abizzzzz. Yg keliatan gak berubah cuma segelintir orang, termasuk gue. Soalnya kalau udah ganteng gak mungkin nambah lagi gantengnya. #halah

    Dan ketika gue buka grup album, di situ ada beberapa foto waktu kita lagi buka puasa bersama pada Ramadhan Tahun lalu. Seketika itu juga muncul sedikit senyum simpul pada bibir gue. Ya, moment indah bersama teman SMA ternyata memang tidak bisa terganti.

    Dan yak!!
    inilah 3 tipe kangen pada bulan Ramadhan versi Bapak Don Juan.

    .

                                                             ====

    .

    1. Kangen Saur On The Road

    Ada yg belum pernah nyobain Saur On The Road di sini? mungkin buat para ukhti-ukhti-pipi-gemes ini kayaknya jarang banget ya buat nyobain salah satu moment ini di bulan puasa.

    Tapi gue juga yakin salah satu dari kalian pasti pernah ada yg mengikuti acara ini. Untuk sekedar berbagi nasi kepada para kaum yg membutuhkan di jalanan, atau makan-makan bersama sebelum Adzan subuh berkumandang.

    Di sini kita biasanya berkumpul bersama dari malam hingga pagi menjelang. Dimulai dari sepulang taraweh kita ngumpul-ngumpul, jalan-jalan, ngobrolin hal yg gak jelas, atau bahkan maranton nonton film di bioskop sampe midnight.

    Suasana sahur di jalan adalah salah satu suasana yg tidak bisa terlupakan sampai kapanpun. Dinginnya udara pagi, serta pemandangan jalan yg sangat sepi adalah salah satu alasan kenapa hal ini menyenangkan.

    Waktu gue masih SMP, untuk menunggu beduk subuh biasanya para bapak-bapak ronda ini menggelar sepak bola di jalanan depan rumah gue. Alasan bapak-bapak ini simple, kapan lagi coba bisa main sepak bola di jalan raya yg sepi begini?

    Kegiatan ini berlangsung hampir setiap hari dari jam 4 pagi sampe menjelang imsak. Tapi ntah kenapa, hari itu masjid setempat tampaknya lagi ada gangguan listrik sehingga TOA masjid tidak mengumumkan jam imsak. Gak tau marbot masjidnya ketiduran, gak tau emang Masjid lagi libur hari itu. Pokoknya yg jelas pagi itu gak ada suara sama sekali dari Masjid.

    Lagi asik-asiknya bapak-bapak ini main bola, mendadak Masjid gue sembuh dari fase ngambek-dan-gak-mau-berbicara, Masjid gue ini mendadak mengumandangkan Adzan subuh.

    Sontak bapak-bapak yg tengah asik menggiring bola bak Ronaldo ini kaget. Mereka langsung melihat kearah jam tangan masin-masing. 

    .

    "Goblok!! geus Subuh deui?! Anjir teu bebeja, aing haus can nginum kumaha ieu?!" Kata pak agus selaku ketua RT dengan bahasa mutiaranya.

    "Anjir Gus, kunaon eweuh nu mere nyaho geus imsak eui?! Parah anjir, mana tadi urang sprint basa ngaggiring bola. Haus goblog!" Sambung pak Halid selaku sohib dekat pak Agus.

    "Meunang nginum keneh teu? Sugan Tuhan mah ngarti meureun nyak?" Kata pa Rusdi yg subuh itu berperan sebagai kiper.

    .

    Percakapan di atas emang real terjadi subuh itu. Dan bahasa sunda yg mereka pakai benar-benar tidak mencerminkan bahwa mereka adalah bapak-bapak. Percakapan ini malah lebih mirip sama percakapan sehari-hari antara gue dan ikhsan, segala kosakata binatang keluar semua.

    Sebenarnya gue mau nge-translate kebahasa Indonesia, tapi ntah kenapa feelnya gak dapet. Dan pada akhirnya kalau gue gak salah, semua bapak-bapak itu setuju untuk minum bersama dan berjanji kalau buka puasa hari itu mereka mundurkan 30 menit sebagai tebusan waktu puasa yg mereka potong seenak perut sendiri.

    Alhasil, besok subuhnya udah gak ada lagi yg maen bola. Hilang sudah hiburan tiap subuh buat gue :(

    .

                                                                 ====

    .

    2. Kangen Buka Puasa Bareng

    Selain ajang menjaga tali silahturahmi, buka puasa bareng atau yg lebih sering kita singkat menjadi bukber ini sering menjadi ajang sombong-sombongan kesuksesan.

    Seperti yg kita ketahui, menjelang kelulusan masa SMA, mendadak seluruh teman-teman terdekat kita pergi satu-persatu. Ada yg pergi ke luar pulau, ada yg ke luar kota, ada yg umroh, ada juga yg ikut pesantren.

    Akhirnya teman yg kata kita tidak terganti itu perlahan-lahan mulai hilang. Mereka mulai digantikan dengan teman-teman baru semasa kuliah. Hal inilah yg menjadikan bukber tiap puasa menjadi hal yg sangat dirindukan.

    Hal ini terjadi dengan gue dan ikhsan pada bukber Ramadhan taun lalu. Gue saat itu kebagian sebagai promotor untuk melakukan pemesanan tempat di Gokana Ciwalk. Alhasil gue harus datang 2 jam lebih awal untuk melakukan pembayaran.

    Gue yg kemana-mana selalu diikutin oleh ajudan kesayangan gue ini, Ikhsan, akhirnya memilih untuk duduk-duduk di meja depan yg disediakan pihak Gokana. Lagi asik-asik ngobrol, muncullah satu-persatu teman-teman SMA kita.

    Sebut saja Doni, orang yg dulu keliatan paling kumel dengan baju sekolah yg selalu berwarna kuning ini, sekarang datang dengan kemeja rapih, celana levis, dan kunci mobil gelantungan di saku belakang celananya.

    Buseeet, ini anak beda banget. Udah lebih keren ketimbang Doni yg gue kenal dulu. Dan kejadian ini belum selesai di situ saja, mantan ikhsan yg bernama Tasya akhirnya datang.

    Ketika Tasya sedang berjalan menuju meja kita berdua, mata gue gak bisa berkedip sedikitpun, air ludah berulang kali mencoba menetes tapi gue tahan. Ikhsan yg melihat kearahnya juga udah beberapa kali mengganti posisi duduk.

    .

    "Kenapa nyet? ganjel yak?" Tanya gue.

    Anjrit lu tau aja. Gile yee mantan gue. Perasaan dulu gak sebohai ini deh” kata Ikhsan sambil berbisik.

    Coba tuh lu liat, dulu doi pake miniset, sekarang udah pake ukuran C kayaknya. Hebat ya, gue jadi penasaran isinya apa”

    "Oi setan! Puasa lo!"

    "ASTAGIFIRULLAH!! Lupa bro"

    "Kalau gini caranya gue nyesel dulu udah mutusin dia, bro"

    "Bhahahahahahak, tapi kayaknya dia kaga nyesel tuh lu putusin san."

    "Emang kenapa?"

    "Lu yg dulu jauh lebih ganteng ketimbang yg sekarang. Bhahahak" Gue ketawa puas

    "Ah gue yg sekarang jauh lebih ganteng keleees.."

    "Ganteng darimana?! Lu ngaca di bubur?"

    .

    Dan ternyata bukan cuma gue dan ikhsan aja yg terkesima sama penampilan Tasya. Bocah manja yg lugu waktu gue kelas 10 ini ternyata berhasil menghipnotis hampir seluruh anak laki-laki yg datang sore itu.

    Ya, ini juga salah satu moment bulan puasa yg sangat kita rindukan. Dimana teman yg telah lama tidak berjumpa kini telah berubah lebih dewasa. Pada sore itu kita sekelas sama-sama tertawa seperti layaknya dulu kala. Bunga yg ditanam temen-temen gue waktu SMA di hati ini kini kembali berbunga. Tawa mereka dan ocehan mereka seakan menjadi air yg menyirami apa yg telah mati.

    Sore itu, gue mengerti, bahwa teman SMA memang tidak akan pernah bisa terganti.

    .

                                                                   ====

    .

    3. Kangen Mantan yg Telah Hilang

    Nah ini nih yg paling kampret. Sebenernya gue gak mau ngomongin ini nih hari ini, soalnya bisa-bisa malah gue yg curhat di sini. Tapi gue rasa bukan gue doang yg merasakan hal ini.

    Setelah beberapa saat yg lalu gue menulis puisi yg berjudul “Ramadhan Tahun Lalu”, ternyata selang satu jam gue tinggal, muncul banyak komentar yg mengatakan bahwa mereka juga merasakan hal yg sama.

    Hahahahahahahahahah.. hahahahah.. hahaha.. haha.. ha.. gue kira cuma gue doang :|

    .

    Siapa sih yg gak suka jika melalui bulan Ramadhan yg penuh berkah ini dengan didampingi oleh orang-orang tersayang, termasuk pacar? Dan siapa sih yg gak menghela nafas dalam-dalam ketika Ramadhan sekarang yg katanya mau dilalui bersama, tapi ternyata harus dijalani sendiri-sendiri?

    Berapa banyak orang yg menelan kekecewaan, ketika pada malam terakhir Ramadhan tahun lalu berdoa bersama, perihal Ramadhan yg akan datang akan tetap dilalui bersama.

    Beberapa kangen yg didasari oleh kehilangan seseorang yg kita sayang ini menjadi kangen paling menyebalkan pada bulan Ramadhan. Ada beberapa rasa kangen yg harus ditahan ketika melalui Ramadhan tahun ini sendirian.

    Contohnya,

    1. Kangen buka bareng di warung pinggiran. 
    2. Kangen bawa si doi ikut buka bareng sama temen-temen lu.
    3. Kangen dijemput doi menjelang buka puasa bareng.
    4. Kangen dibangunin sahur sama si doi.
    5. Kangen diucapin ‘selamat buka puasa, sayang..’
    6. Kangen ngabuburit di dalam bioskop.
    7. Kangen jalan-jalan muterin komplek sore-sore naek motor.
    8. Kangen ngabuburit di rumah bareng. 
    9. Kangen taraweh bareng.
    10. Kangen sms/bbm-an disaat dakwah taraweh.
    11. Kangen dibawain tajil sama si doi.
    12. Kangen suasana buka bareng sama keluarga doi.
    13. Kangen nyari es kelapa bareng. 
    14. Kangen gangguin doi pas kamu lagi ga bisa puasa.
    15. Kangen nonton dvd bareng.
    16. Kangen ada sms penyemangat puasa.
    17. Kangen chatting ketawa-ketawa sendiri
    18. Kangen saling pamer bahan-bahan untuk buka puasa nanti.
    19. Kangen mengucapkan selamat Anniv di bulan Ramadhan dengan doa ‘semoga Ramadhan taun depan kita masih bareng-bareng ya sayang..’

    .

    Dan masih banyak lagi rasa kangen yg belum tuntas ketika Ramadhan kembali datang lagi Tahun ini. Nah, apakah sekarang kamu-kamu ada yg merasa kangen ketika membaca ini, gaes?

    Kalau gue..
    Nggak..

    Eh, please kalian percaya! ngga kok gue gak kangen!
    pfft

    .

                                                              ===

    .

    Nah gaes,
    Sebenarnya masih banyak tipe kangen yg ngebuat bulan Ramadhan ini menjadi bulan yg sangat ditunggu-tunggu oleh berbagai macam pihak. Seperti kangen ketemu keluarga besar, kangen mudik, atau kangen iklan buka puasa di tivi.

    Tapi gak usah sedih, tiap Ramadhan pasti punya moment indahnya sendiri-sendiri. Ntah itu dengan orang-orang yg disayang, atau dengan orang-orang yg kamu sendiri jarang memperhatikan kehadirannya.

    Janganlah karena kamu sendiri, kamu jadi berfikir untuk menjemput kembali masa lalumu. Percayalah, suatu hubungan yg dimulai kembali hanya karena salah satu pihak rindu akan kenangan-kenangan yg pernah dilalui, bisa menyebabkan hubungan itu malah berakhir jauh lebih buruk.

    Tak usah dijemput, ia hanya segelintir kisah yg pernah menyakitimu. Kini sudah saatnya masa depan lah yg akan menjemputmu. Maka dewasalah, sehingga yg meninggalkanmu menjadi mengerti, bahwa meninggalkan kamu dulu adalah kesalahan yg tak pernah bisa ia tebus kembali.

    Berhentilah bersedih, sudah saatnya kamu ditemukan oleh orang yg akan benar-benar menghargai kehadiranmu. Yg bersamamu, ia merasa cukup. Yg bersamamu, ia tak butuh orang lain.

    Dan gue doakan, semoga Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yg berkesan buat kalian semua. Dan juga buat diri gue sendiri. 

    Semoga yg masih sendiri, mulai ditemukan oleh orang yg tepat.
    Semoga yg sudah bersama, dikuatkan hubungannya.
    Semoga yg jadi orang ketiga, berhasil menyingkirkan pacarnya.
    Semoga yg jadi selingkuhan, kini berhasil naik tahta menjadi pacar beneran.
    Semoga yg lagi KKN, menemukan jodohnya di kampung sana.
    Semoga yg tarawih kemarin nyuri sendal, malam ini sendalnya dibalikin lagi. Ah kalau yg ini sih gue curhat.
    Semoga yg Wisudanya tahun ini, berhasil menemukan pendamping wisudanya. Ah,yg ini juga gue curhat lagi. Hih..
     
    Pokoknya, semoga Ramadhan ini berkah untuk kita semua…
    .
    .
    .
    Oke gaes, Sekian Freeday kita malam ini.
    Happy Ramadhan.
    Baybay~

    Friday, Jul 04, 2014   18:41:00
  16. 56 Notes
  17. "Dalam bulir-bulir air mata, ada doa yg tak terucap, namun terselip rasa tulus yg teramat luar biasa."

    Friday, Jul 04, 2014   13:46:20
  18. 116 Notes
  19. "Nyaman adalah sebuah analogi dari keterlukaan yg dibalut dengan selimut waktu.
    Jika terlalu nyaman, kamu akan mudah dilukakan.
    Jika tidak bisa menyamankan, kau akan mudah melukakan."

    Friday, Jul 04, 2014   04:42:39
  20. 121 Notes